Rabu, 03 September 2014

PANTAI KLAYAR: Seruling Samudra Berdebur di Selatan Jawa Timur


       


Kalo Bali punya pantai kuta, sanur, nusa dua dan laguna, Jawa Timur memiliki  eksotisme alam tak kalah keren, salah satunya berada di bagian selatan.

Pantai Klayar Koordinat 8°13'23.85"S, 110°56'47.21"E, sebuah pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi. Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah.
Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Dengan sebutan Seruling Samudera pantai klayar semakin tersohor seantero jagad.






Disebut Seruling Samudera karena di pantai itu terdapat sebuah karang yang berlubang dan setiap karang itu diterpa ombak maka terdapat gesekan yang berujung mengeluarkan suara bergantian seperti seruling, disitu anda akan diperdengarkan nada yang langsung berasal dari alam,sebuah kemegahan ciptaanTuhan..kalo orang bule bilang..."It's Awesome".



Selain  itu disana terdapat sebuah batu yang menyerupai dengan patung Sphinx. Hmmm.... kami yang berangkat dengan pasukan atau geng yang beranggotakan 7 orang sangat terkesima dengan pantai ini. Dengan menempuh perjalanan dari kota kurang lebih 2 jam dan jalur yang berliku - liku, dengan jalan yang hanya bisa dilalui 1 lajur roda empat tetapi dilewati 2 lajur roda empat, membuat perjalanan ini terbayarkan dengan keindahan pantai ini.




Pantai ini akan ditutup jika mulai masuk pada waktu hujan, karena jalan menuju pantai ini sangatlah licin jika terkena hujan. Fasilitas di Pantai ini, seperti Toilet umum, warung, Musholla, dan persewaan motor dengan roda empat atau disebut juga ATV. Warung - warung disini juga menyediakan banyak aneka menudegnan harga yang terbilang relatif murah, daripada dibandingkan dengan tempat wisata lain.




Di deretan Pantai selatan Jawa timur, Pantai Klayar ini termasuk pantai yang direkomendasikan, karena dengan banyak keunikan yang tidak akan dijumpai di pantai selatan lain dan hamparan pasir yang berwana putih yang cukup luas. Di kota pacitan ini ada 3 pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi, salah satunya pantai klayar, dan pantai banyu tibo, pantai srau.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar