Jumat, 05 Desember 2014

PADANG SAVANA Taman Nasional Baluran Situbondo


Taman Nasional Baluran, pasti terdengar tidak asing bagi kita?? Betul, T.N. Baluran ini biasa juga disebut "a little africa", karena Taman Nasional yang luasnya kurang lebih 25.000 Ha 40% nya terdiri dari hutan savana. Jadi kebayang deh, kalo kita kesana kita seperti di Afrika yang terkenal padang savana nya. Taman Nasional Baluran ini terletak di Situbondo, tepatnya di Banyuputih kalau dari bayuwangi sebelah utara dari kota banyuwangi.
Selain Padang Savana, disini juga ada Gunung Baluran,dan Pantai Bama. Disini terdapat aneka macam hewan yang biasanya kita jumpai di kebun binatang seperti merak,ayam hutan, bangau tong tong, rusa, kerbau, banteng, dan binatang lainnya.




Disini terdapat menara yang bisa kita naiki, untuk melihat pemandangan Taman Nasional Baluran ini, menara itu terletak di Wisma Bekol atau bisa dibilang disini tempat para wisatawan untuk menginap. Untuk menginap disini ada pilihannya, dari yang di tengah tengah padang savana dan dikelilingi pohon yang rimbun, dan juga ada yang persis dipinggir pantai. Untuk Harga sewanya kisaran antara 100 sampai dengan 500ribu Rupiah. 








Disini Kita harus selalu waspada dengan barang-barang penting kita, karena monyet - monyet disini cukup banyak, dan seperti biasa monyet selalu mengambil barang - barang atau makanan yang tidak tersimpan dengan aman, atau menaruhnya disembarang tempat. Populasi Monyet di taman Nasional ini hampir cukup mendominasi dari hewan lainnya.


Pantai Bama, jika terus menyusuri jalan yang terdapat di Taman Nasional Baluran ini, kita akan menemukan Pantai Bama, yang kurang lebih sekitar 3km dari wisma Bekol. Pantai ini bibir pantainya tidak terlalu luas,tetapi landai pantai dengan palung lautnya cukup jauh, jadi kita bisa bermain air disekitar pantai.

Pantai Bama juga terdapat Hutan Mangrove di sebelah timur pantai ini, dan disamping hutan ini terdapat jembatan yang menuju ke laut, yang disana terdapat tangga yang bisa dituruni untuk bagi yang ingin snorkling, tetapi waspada karena di pinggir pantai ini banyak terdapat hewan laut Bulu Babi yang menyebabkan kita akan terluka jika mengenainya.


Kalo menurut kami Taman Nasional Baluran dikunjungi cocok pada waktu musim Hujan, karena hutan disini sangat asri, alami dan rimbun, jadi ketika musim kemarau, hutan ini mengalami kekeringan, dan seringkali terbakar karena terlalu keringnya hutan ini. Dan destinasi tempat ini menjadi favorit setelah mereka mengunjungi kawah gunung ijen Banyuwangi. Maka dari itu jika kalian ke gunung ijen jangan lupa sempatkan mengunjungi Taman Nasional Baluran ini. 

Nah ini kami kasih foto - foto kami disana sebagai refrensi: 




SUMBER REFRENSI:
- Petugas Perhutani Taman Nasional Baluran
- Wikipedia

NB:
Selalu jaga kebersihan disetiap kawasan wisata ya teman, agar kita tidak termasuk orang - orang yang merusak lingkungan hidup.

Follow Us :
+ujung ke ujung Facebook https://www.facebook.com/ujungkeujungindonesia Instagram UjungKeUjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar