Senin, 08 Desember 2014

BLUE FIRE Kawah Gunung Ijen


Api Biru (Blue Fire) itu yang terkenal dari gunung Ijen yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi ini. Api biru ini hanya terdapat 2 di dunia salah satunya di gunung ijen ini. Sebenarnya fenomena api biru ini bukan api yang menyala, melainkan gas yang bertemu dengan oksigen sehingga membentuk seperti api yang bewarna biru. Gunung Ijen ini terletak di tiga bagian kawasan kabupaten Bnyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.




Gunung Ijen salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Jawa Timur, karena keindahan api birunya yang membuat tempat ini menjadi favorit dari dalam negeri ataupun luar negeri. Gunung Ijen ini tidak terlalu sulit untuk mendakinya, karena sudah dibuat seperti jalan pasir, yang bahkan bisa dilewati sepeda motor trail sampe pos bunder. Sudut kemiringan untuk mendaki kurang lebih 60 derajat. Puncak gunung Ijen ini sekitar kurang lebih 2.443 mdpl, dan termasuk gunung aktif di Jawa Timur yang sudah 4x meletus.


Di tengah pendakian ada pos Bunder, di tempat ini cocok untuk beristirahat sejenak menikmati kopi, teh, dan makanan ringan seperti mie kemasan. Untuk mencapai pos Bunder ini kurang lebih 2 km kita melewati tanjakan yang cukup curam. Untuk para travelling di rekomendasikan untuk memakai sandal atau sepatu gunung, karena tanjakan ini berupa pasir dan tanah yang jika kita berlari akan mengeluarkan debu. 
Untuk memulai pendakian kita mulai dari pos Paltuding, disini kita membayar biaya kontribusi sebesar Rp.5,000,- untuk wisata lokal, dan untuk wisatawan asing dikenakan kurang lebih Rp.75.000,-/ Orang. Di Pos Paltuding ini terdapat warung - warung untuk kita berisitirahat dan makan, karena nanti waktu di pos bunder tidak terdapat makan makanan berat seperti nasi dan sejenisnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar